jenis website

Sudah Tahu Belum? Ini Lho Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Jenis website saat ini semakin beragam sehingga mengintegrasikan dari berbagai fitu, jenis, dan fungsinya. Tak heran, sebab teknologi pun kian berkembang. Apalagi, penggunaan media online seringkali dimanfaatkan untuk segala kebutuhan, baik sosial maupun bisnis.

Nah, demi memudahkan Anda dalam menentukan website yang paling pas sesuai kebutuhan, Anda perlu tahu dulu jenis website itu sendiri.

Apa sih website itu?

Website merupakan kumpulan halaman suatu domain di dunia maya yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan. Sesuai dengan definisinya, website memiliki karakteristik berupa nama domain yang dipublikasikan pada suatu web server.

Website ini bisa Anda akses melalui jaringan IP public di seluruh dunia, yaitu internet atau jaringan lokal (LAN) menggunakan Uniform Resource Locator (URL) sebagai alamatnya.

Jenis website berdasarkan fungsinya

Secara spesifik, website bisa dibagi dalam beberapa jenis berdasarkan fungsinya, seperti:

  1. Archive

Umumnya, website archive digunakan untuk menyimpan berbagai konten elektronik yang berisiko hilang. Dengan cara ini, memungkinkan Anda untuk mengembalikan konten tersebut jika portal website disadap oleh orang tak bertanggungjawab.

Sebagai informasi, internet archive yang telah ada sejak tahun 1996 telah menyimpan sebanyak miliaran halaman website. Sama seperti Google Groups yang telah mengarsip lebih dari 845 juta pesan ke berbagai grup diskusi online di tahun 2005.

  • Blog

Tak sedikit orang yang memanfaatkan media blog gratisan untuk menuliskan ide dan ekspresi dengan beragam konten. Bahkan banyak blogger profesional yang mendapat sejumlah bayaran saat menulis topik-topik tertentu. Biasanya, para blogger ini menggunakan platform blogging seperti, WordPress milik WordPress Foundation atau Blogger milik Google.

  • Company profile

Jenis website berikutnya adalah company profile yang bersifat statis dan biasanya dibuat oleh perusahaan. Website company profile ini digunakan untuk menampilkan informasi terkait perusahaan, seperti nama, produk, visi dan misi, serta halaman kontak. Oleh karena itulah, website ini terfokus pada tampilan desain yang memesona dengan informasi pada yang tentunya valid bagi konsumen.

Adapun beberapa keuntungan memiliki website company profile, antara lain:

  • Website company profile memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi secara online sehingga menghemat waktu dan biaya perusahaan.
  • Saat ini, intenet telah menjadi tren dunia. Namun, masih banyak perusahaan yang belum memiliki website. Nah, jika Anda telah memiliki web company profile, maka bisnis Anda sudah bisa dikatakan selangkah lebih maju ketimbang kompetitor.
  • Melalui web company profile ini, Anda bisa menyampaikan informasi secara cepat kepada para konsumen.
  • Web company profile memungkinkan Anda untuk mengumpulkan database pelanggan melalui form yang bisa ditambahkan pada website tersebut.
  • E-commerce

Jenis website satu ini menyajikan fitur untuk melakukan kegiatan jual beli suatu produk atau layanan melalui portal internet. Biasanya, website ini akan memberikan tawaran berupa fitur menarik. Tentu saja, website ini juga bisa menggantikan fungsi pada toko offline, seperti misalnya pengecekan produk, pemesanan barang, hingga bertransaksi online.

Beberapa contoh e-commerce yang saat ini tengah naik daun adalah Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.

  • Government

Website government memang bisa dikatakan secara resmi milik departemen pemerintah, pemerintah nasional, maupun pemerintah lokal. Website ini umumnya memberikan informasi seputar peraturan-peraturan pemerintahan beserta segala informasi yang terkait.

Beberapa contoh website governement yang paling sering melakukan update adalah website Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yaitu kemenkeu.co.id.

  • Portal berita dan informasi

Website berita dan juga informasi termasuk jenis website yang memuat berita atau artikel untuk dibaca para pengunjungnya. Biasanya, website ini berisikan artikel seputar politik, teknologi, opini, dan lain sebagainya. Tak jarang pula yang menyebut bahwa website ini layaknya majalah, koran, dan juga buletin online.

Namun, tiap website portal berita dan informasi ini memiliki karakteristik yang berbeda. Contohnya seperti, liputan6, kompas, BCC, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai jenis website berdasarkan fungsinya yang perlu Anda ketahui. Tentunya, setelah mengenal berbagai website tersebut, Anda sudah bisa menentukan website apa yang paling pas dan tepat dengan kebutuhan Anda saat ini.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*